oleh

Simbol Persatuan IKN Kaltim, Gubernur AGK Resmi Serahkan Tanah dan Air 4 Kesultanan Moloku Kieraha ke Presiden

banner

PENAJAM, Kaltim, PNc—Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc, secara resmi menyerahkan dua kilogram tanah dan satu liter air kepada Presiden Republik Indonesia, H. Joko Wododo saat kegiatan kemah di titik nol, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan penanaman pohon. Kegiataan yang dipimpinan presiden RI tersebut diikuti sejumlah menteri dan seluruh gubernur se-Indonesia di Penajam, Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kantor Gubernur Maluku Utara, Rahwan K. Suamba, gubernur Abdul Gani Kasuba menjadi orang ke 32 yang menyerahkan tanah dan air ke presiden. Tanah dan air yang dibawa gubernur Maluku Utara, adalah tanah dan air yang diambil dari empat kesultanan di bumi Maluku Utara. Yakni Kesultanaan Ternate, Kesultanan Tidore, Kesutanan Jailolo dan Kesultanan Bacan.

banner 500x500 banner 500x500 banner 500x500

Tanah dan air tersebut diserahkan langsung kepada presiden dan ditempatkan di wadah berupa gentong nusantara yang isinya adalah semua tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia.

Lanjut Rahwan, penyatuan tanah dan air seluruh Indonesia dalam gentong nusantara ini, dimaknai sebagai bentuk keberagaman dan penyatuan masyarakat Indonesia, agar selalu menjaga tanah air bersama.

Selain menyerahkan tanah dan air, gubernur Maluku Utara juga melakukan prosesi penanaman pohon, yang dipimpin presiden, dan diikuti seluruh menteri dan gubernur se Indonesia.

Dari data yang diperoleh, rencana pembangunan IKN akan dimulai tahun 2022 sampai tahun 2024. Untuk tahap pertama, akan dibangun tiga hal penting, yakni pembangunan kota, infrastruktur dan ekonomi.(humasbiroAdpimMalut/adv)

banner

Komentar