oleh

Dandim Bersama Forkopimda Ikut Upacara HUT TNI Secara Virtual

banner

TOBELO,PNc – Komandan Kodim (Dandim 1508) Tobelo, Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra bersama Forkopimda Halmahera Utara, Maluku Utara,  mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke- 76 Tahun secara virtual.

Upacara yang digelar secara virtual itu dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlangsung di ruang data Kodim.

banner 500x500 banner 500x500 banner 500x500

Sementara upacara tingkat pusat, dilaksanakan di Istana Kepresidenan Jakarta, dengan peserta terbatas dan disiarkan secara virtual. H.Ir. Joko Widodo sebagai panglima tertinggi bertindak sebagai inspektur upacara.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Negara Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19, bila diibaratkan sebagai perang, melawan Covid-19 sekarang ini seperti perang yang berlarut-larut. Perang yang sangat menguras tenaga, mental, dan semangat juang, perang melawan Covid-19 ini membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal itu, TNI telah berperan besar dalam ikut menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Transformasi pertahanan TNI yang berkelanjutan ini untuk meletakkan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini. Sehingga, TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global,”katanya. Selasa,(05/10/2021).

Lanjut Jokowi, penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus menjadi pondasi utama transformasi pertahanan, TNI yang manunggal dengan rakyat, dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis.

“Memanfaatkan lompatan teknologi dan investasi pertahanan yang terencana modernisasi pertahanan ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan”jelasnya.

Orang nomor satu di RI ini juga menyebutkan, TNI harus terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di negara Indonesia, hal itu karena TNI diperintahkan harus bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global.

“TNI harus memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni”ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra usai mengikuti upacara mengatakan, dalam rangka HUT TNI ke-76 tahun kali ini sesuai yang disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa TNI siap bersinergi dengan semua komponen dan masyarakat untuk negeri.

“Oleh karena itu, kami beserta semua elemen pemerintahan dan masyarakat akan terus bersinergi untuk membangun bangsa”cetusnya.

Pihaknya juga bilang, dengan bersatu  maka akan dapat meraih kemenangan dalam mengatasi bebagai ancaman yang melanda negeri  seperti ancaman bahaya pandemi covid-19 yang saat ini masih melanda di indonesia.

“Dengan bertambahnya umur TNI dapat terus memberikan eksistensinya kepada bangsa dan negara dan ikut membantu mensejahterakan masyarakat”tandasnya.(utm)

banner

Komentar